Candi Tikus. Mengapa ..?

Candi Tikus

Taman Candi Tikus yang Luas nan Asri

Begini ceritanya….
Konon, pada tahun 1914 dimasa pemerintahan R.A.A. Kromodjojo Adinegoro menjabat sebagai Bupati Mojokerto, sawah-sawah masyarakat diserang hama tikus. Dan ketika petani mencoba membasminya, tikus-tikus tersebut melarikan diri pada satu titik yang diyakini warga menjadi sarang tikus. Kemudian warga gotong royong menggali sarang tersebut dan ditemukanlah yang akhirnya diberikan nama Candi Tikus.

Candi Tikus Peninggalan Kerajaan Majapahit

Candi Tikus Peninggalan Kerajaan Majapahit

Pancuran Air Suci Candi Tikus

Pancuran Air Suci

Candi Tikus yang beberapa kali mengalami pemugaran ini disusun terdiri dari 3 teras. Susunan pada sisi utara terdapat jalan masuk yang berupa tangga. Di teras I terdapat 8 buah bangunan berbentuk candi. Dan di atas teras II terdapat candi induk yang dikelilingi 8 buah candi kecil-kecil tadi. Susunan bangunan seperti ini yang mengingatkan pada Gunung Mahameru di India. Di sepanjang pondasi candi, terdapat hiasan kepala makara dan kuncup bunga padma yang terbuat dari kali dan berfungsi sebagai keluarnya sumber air suci. Namun saat ini sudah mati dan tidak memancarkan atau mengeluarkan air.

Candi Tikus

Fungsi atau kegunaan Candi Tikus belum diketahui secara pasti, tetapi ada dugaan sebagai petirtaan air suci. Artinya, air dari bagunan inti candi tersebut dianggap sebagai air suci. Hal ini dapat dilihat dari bentuk dan susunan candinya yang memberi kesan seakan-akan replika Gunung Mahameru di India. Menurut para ahli, Candi Tikus ini konsep pembangunannya tidak lepas dari kesucian Gunung Mahameru.

Candi Tikus diperkirakan dibangun pada abad ke-13 atau abad ke-14. Candi peninggalan Kerajaan Majapahit ini terbuat dari bahan batu bata merah dan dibangun sekitar 3,5 meter dibawah permukaan tanah. Bentuknya bujur sangkar 22,5 x 22,5 meter. Berada di Dusun Dinuk, Desa Temon, Trowulan – Mojokerto. Masih dalam satu desan dan tidak jauh dari lokasi Candi Gapura Bajang Ratu yang pernah saya tulis di web ini juga.

Wallpaper Candi Tikus

Wallpaper Candi Tikus Majapahit

Wallpaper Candi Tikus Majapahit 1600 x 1200 [462.68 KB]

Lestarikan Candi TikusMari cintai dan lestarikan budaya / peninggalan nenek moyang kita. Seperti peninggalan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia ini, Majapahit.

Semoga bermanfaat…

– – – – – – – – -
Sumber :
http://id.wikipedia.org/
– Informasi di lokasi candi berada.
– Foto-foto adalah koleksi pribadi, September 2010.

sudah 2 komentar

  1. Lucifer

    Berarti bukan untuk pemujaan dong?

    • ME. Riwanto

      dari sumber dan informasi yang saya dapatkan, Candi Tikus bukan untuk pemujaan. hanya menyebutkan sebagai tempat pemandian.. ;) makasih udah mampir dimari.

Monggo..., Silakan Berkomentar


    » »   jawabannya ditulis ANGKA saja yaa (wajib diisi)