Saudaraku….,

Rembulan nampak purnama, elok nan menawan. Tanda yang sangat jelas bahwa Ramadhan sudah separuh jalan. Lalu, bagaimana atau sudah sampai mana ibadah kita dibulan penuh ‘bonus’ ini. Malam Lailatul QadarSiapapun ustadz, kyai, ulama semuanya sepakat bahwa bulan Ramadhan adalah bulan bonus pahala. Ibadah sunnah yang kita tunaikan di bulan penuh berkah ini bisa ‘bernilai’ setara dengan ibadah wajib di luar bulan suci ini. Dan masih banyak lagi kesimpulan-kesimpulan dari dakwah maupun kultum-kultum selama setengah perjalanan puasa ini.

Bagaimana Puasa… Tarawih… Infaq dan Sodaqoh kita … ?

Bagaimana juga ibadah wajib, seperti shalat lima waktu..?

Sama dengan sebelum Ramadhan…?

Lebih baik… atau tetap biasa-biasa saja..?

sudahkah kita siap dipanggil

kematian pasti datang kepada siapa saja dan kapan saja

Kawan…,

Bagaimana jika tahun depan kita sudah tidak lagi mendapatkan kesempatan bertemu Ramadhan..?

Bagaimana jika akhir Ramadhan besok kita dipanggil menghadap Sang Khalik..?

Atau mungkin besok pagi adalah hari terakhir kita menghirup segarnya oksigen.

Sebelum kita kembali ke pangkuanNya, ayo kita kumpulkan ‘bonus’ dan ‘uang saku’ di bulan yang penuh ampunan ini. Janganlah merasa terpuruk karena merasa berlumuran dosa dan memastikan diri berkubang dalam panasnya Neraka. Ataupun merasa senang dengan kumpulan ibadah serta pahala yang telah anda tunaikan selama ini kemudian yakin akan bermandikan susu di Surga. No.. No.. No…!!!

Ingatlah Saudaraku…., Surga dan Neraka sepenuhnya milikNya dan hanya Dia-lah yang berhak membagi setiap jengkal ‘kapling‘ yang ada disana.

Kita hanyalah hamba yang tidak sedikitpun punya kuasa untuk meng-klaim bahwa kita layak sebagai penghuni Surga. Hasil cobaan dan ujian, semuanya rapi dan menjadi rahasiaNya.Sekali lagi, hanya Dia yang berhak menentukan siapa saja penghuni Surga dan Neraka. Bukan ustadz, kyai, ulama bahkan diri kita sendiri.

Siapapun kita, semua manusia akan dimintai pertanggungjawaban tentang usianya. Jadi mari kita berhati-hati. Mungkin dengan video pengakuan (I’tiraf) dari Raihan ini bisa membuat kita untuk intropeksi diri.

Mari kumpulkan bonus dan poin sebanyak-banyaknya di bulan penuh ampunan ini. Mumpung masih ada lagi setengah ke depan. Saya pernah dengar :

โ€œBekerjalah untuk duniamu seakan kamu akan hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan kamu akan mati esok hariโ€. (H.R. Turmudzi)

Sekecil apapun bentuk ibadah kita…, kita harus yakin akan tetap mendapatkan nilai juga dari Yang Maha Mulia. Dan tentunya kita juga paham bahwa ibadah tersebut sebenarnya untuk kita sendiri. Allah tidak akan berkurang kemuliaanNya sedikitpun jika tiada ibadah yang kita tunaikan.

– – – – – – – – –

Kawan,

Tiada hujan, angin semilir menyelimuti malam. Cukup tenang dan hening… Apakah ini suatu tanda malam seribu bulan, Lailatul Qadar. Malam istimewa di bulan Ramadhan dimana para malaikat turun dari setiap langit dan dari Sidrotul Muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar.

Malam Lailatul Qadar dalam Surat Al Qadr

Ya Allah… Apakah benar ini malam adalah malam Lailatul Qadar..? Malam yang paling mulia dari pada seribu bulan. Apakah memang seperti ini tanda-tanda dariMu turunkan malaikat dengan jumlah tak terhingga seperti yang telah diceritakan ustadz-ustadz tempo hari..?

Lagi-lagi kita sebagai hamba tidak akan pernah mampu menebak, kapan tepatnya malam Lailatul Qadar itu datang. Ulama saja cukup banyak penafsiran dalam memperkirakan malam yang selalu kita tunggu-tunggu ini. Ada yang mengatakan di malam ganjil pada 10 (sepuluh) hari terakhir Ramadhan. Malam tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29. Namun ada pula yang mengatakan bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada suatu malam tertentu dalam satu bulan, tanggal 1 sampai dengan 30. Wallohu Alam…

Untuk saya pribadi, lebih setuju yang terakhir. Bisa saja terjadi di salah satu malam di sepanjang Ramadhan. Agar tetap menjadi misteri dan kita senantiasa dapat mengisi atau menghidupkan malam-malam itu dengan berbagai ibadah, seperti shalat malam, mengaji atau tadarus Al Quran, dzikir, doa dan amal-amal shaleh lainnya.

lailatul qadar dan ramadhan

Ayo kawan… kita isi malam-malam Ramadhan dengan apapun ibadah sesuai dengan kemampuan kita. Apapun ibadahnya… Jangan lupa doakan orang tua kita. Mungkin bisa ditambahkan juga untuk mendoakan ibu pertiwi Indonesia agar lebih bijak lagi dalam menyelesaikan segala macam urusan dan carut marutnya fenomena kepentingan dan masalah yang terjadi belakangan ini.

Semoga kita dipertemukan dengan Lailatul Qodar. Amiin.. Amiin.. Ya Robbal ‘Alamiin..

sudah 6 komentar

  1. Nunu

    Assalamu’alaikum mas … Mohon Maaf Lahir dan Bathin ya mas … Nunu banyak salah dan sering ngrepotin mas :)

    • ME. Riwanto

      wa ‘alaikum salam mas Nunu,

      sama-sama, mohon maap lahir bathin juga. yang sering direpotin mung seneng’e nyanggupi tanpa batas ๐Ÿ˜‰ semayaaannnn teruss he..he..he

  2. Zoe

    Ass Wr.Wb..
    Salam kenal dari NTB..
    Saya ngelihat themes mas adem banget.. ngomong-ngomong, download dimana?
    Soalnya saya lg bikin web untuk forum tp blm nemuin theme yg cocok..

    sblmnya terimakasih
    Wassalam.

    • ME. Riwanto

      Wa ‘Alaikum Salam Warohmatullohi Wabarokatuh

      Mas Zoe,
      Kalo boleh saran, mohon jika Anda ‘salam’ sebisa mungkin tidak disingkat seperti itu. Karena dalam bahasa Inggris, Ass artinya pantat atau bokong. Maaf, bisa Anda cek di kamus… Mohon bantuannya untuk bisa disebarkan ‘wacana’ ini. ๐Ÿ˜‰

      Selain itu, kasihan juga web/blog saya yang bisa-bisa menyumbang posting untuk Google dengan keyword : Ass. he..he..he
      – – – – – – – – –

      Jujur Mas Zoe,
      WordPress Themes yang saya gunakan ini adalah hasil kreasi, modifikasi dan imajinasi saya dari themes yang pernah saya beli. Mungkin Anda bisa cari themes yang berbayar dan sisihkan sedikit rezeki untuk membelinya. InsyaAllah, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dari themes yang berbayar tersebut. Salah satunya, biasanya dari themes yang kita beli cukup banyak script yang tak terduga yang dapat diaplikasikan untuk wordpress themes.

      Terimakasih sudah mampir di sini dan salam kenal dari saya. Sukses untuk forum (online) yang akan Anda buat.

  3. cep

    Salam.

    Ga sengaja nemu pas lagi gugling ๐Ÿ˜€
    Mangstab euy, cuman yang jadi pertanyaan ane… Apakah juragan pakai AdSense premium karena bisa pasang iklan AdSense di situs berbahasa Indonesia?

    ๐Ÿ˜ฎ

    • ME. Riwanto

      Salam kenal..
      btw, yg Mangstab apanya yah ..?! ๐Ÿ˜‰

      untuk Adsense, cuman biasa aja koq mas. nggak ada yg spesial nggak ada yg premium. dan adsense-nya tidak hanya nongol diweb ini. msh banyak web lain yg sy ‘inject’ adsense. kalo cuman ngandalin satu web, nggak bakalan cepet bisa ngumpulin fuluz.. ๐Ÿ˜‰

Monggo..., Silakan Berkomentar


    » »   jawabannya ditulis ANGKA saja yaa (wajib diisi)